SOSIALISASI P3K (PERTOLONGAN PADA KECELAKAAN) DAN DOKTER KECIL DI SEKOLAH





Perjaya - Pada tanggal 15 Agustus 2023, SDN 01 Perjaya kedatangan tim dari Puskesmas Martapura untuk memberikan sosialisasi tentang Pertolongan Pertama pada Kecelakaan dan Dokter Kecil. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar kepada siswa dalam menangani kecelakaan kecil di lingkungan sekitar mereka.

Sosialisasi ini dipandu oleh petugas Puskesmas Martapura yang telah berpengalaman dalam bidang kesehatan. Mereka menyampaikan materi-materi yang mudah dipahami oleh siswa, seperti langkah-langkah pertolongan pertama pada luka ringan, membalut luka, dan tata cara memanggil bantuan medis. Selain itu, siswa juga diperkenalkan dengan peralatan pertolongan pertama dan cara penggunaannya.

Melalui kegiatan ini, siswa diajak untuk lebih proaktif dalam membantu teman atau orang lain yang mengalami kecelakaan kecil di sekitar mereka. Mereka juga diberikan pemahaman pentingnya reaksi cepat dan tepat dalam memberikan pertolongan pertama sehingga dapat mengurangi risiko komplikasi akibat kecelakaan.

Selain pertolongan pertama pada kecelakaan, petugas Puskesmas juga memperkenalkan konsep "dokter kecil" kepada siswa. Dokter kecil adalah istilah yang digunakan untuk mengajarkan kepada anak-anak tentang pentingnya menjaga kebersihan, pola makan sehat, dan gaya hidup aktif guna mencegah penyakit. Dengan pendekatan yang menarik, siswa diajak untuk lebih peduli terhadap kesehatan pribadi dan lingkungan sekitar.

Dalam kegiatan ini, siswa juga diberikan pemahaman tentang pentingnya berkonsultasi dengan orang tua atau guru jika merasa tidak sehat dan perlunya menjaga kebersihan diri, seperti mencuci tangan sebelum makan dan setelah menggunakan toilet.